Ada Beberapa Faktor Mengapa Tumit Kaki Pecah Dan Cara Mengatasi, Lihat Disini!!!




Cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah - Kekurangan zat besi, mineral dan vitamin serta asam lemak omega 3 dapat menjadi penyebab kulit menjadi kering bahkan mengakibatkan tumit kaki pecah-pecah. Memang terkadang persoalan ini dianggap sepele oleh beberapa orang yang tidak terlalu peduli dengan kondisi demikian, toh dalam anggapannya letak persoalan ini jauh dibawah dan terlindungi oleh sepatu maupun kaus kaki. Tetapi bila kondisinya semakin parah, juga akan berdampak rasa sakit. Tumit kapalan atau biasa juga dalam kondisi tertentu membentuk garis-garis pecah-pecah seharusnya segera diatasi agar tidak meluas.


Tips Merawat dan mencegah tumit kaki pecah-pecah
Kondisi kulit kering acapkali menjadi penyebab dari persoalan telapak kaki pecah-pecah ini. Faktor utama selain kekurang mineral dan vitamin adalah kurangnya perhatian terhadap kaki. Memang kondisi demikian tidak berbahaya, akan tetapi jika retakan kulit tersebut semakin dalam bisa menyebabkan gangguan pada dermis. Tak menutup kemungkinan menyebabkan berdarah. Pada penderita penyakit kronis seperti halnya diabetes, masalah kecil ini akan berubah menjadi gangguan besar sehingga dapat menyebabkan infeksi.
Jika anda bertanya, mengapa tumit kaki pecah-pecah, ada beberapa faktor diantaranya usia dan aktivitas produksi kelenjar sebum yang mulai menurun. Beberapa diantaranya memiliki gejala sebagai berikut :
  1. Gejala awal kulit akan bersisik dan cenderung berwarna kemerahan;
  2. Selanjutnya adalah terjadi pengelupasan. Biasanya ketika fase ini terjadi, orang tidak sabar untuk mengelupasnya lebih dalam. Hal ini justru akan memperparah keadaan kulit dan bisa mengakibatkan pecah yang lebih dalam;
  3. Gatal-gatal pada kulit. Dikarenakan penyusutan pada lapisan kulti kering sehingga menyebabkan peregangan kulit pada bagian bawah dan berakibat pada rasa gatal;
  4.   Dalam kondisi yang lebih kronis dapat mengakibatkan pendarahan. Sebelum hal ini terjadi, maka harus dicegah dan mencari cara mengatasi tumit kaki yang pecah tersebut;
Berikut ini cara alami untuk mengobati / mengatasi tumit kaki pecah-pecah :
Perlu dicatat bahwa pengobatan secara alami ini bertujuan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi tumit atau telapak kaki yang pecah-pecah. Apabila tidak memberi hasil seperti yang diharapkan, maka anda harus segera ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

1.   Rendaman air jus lemon yang berguna untuk mengangkat lapisan sel kulit mati serta memberikan nutrisi pada kulit.
2.   Oleskan minyak zaitun
3.   Gunakan minyak esensial atau bisa juga dengan minyak kelapa murni (VCO)
4.   Campuran gliserin dan air mawar
5.   Mencukupi asupan vitamin dan mineral melalui diet sehat
Tumit kaki yang mengalami pecah-pecah bisa jadi dikarenakan kekurangan vitamin, mineral, zat besi maupun asam lemak omega yang terdapat pada beberapa bahan pangan seperti berikut : beras merah, yoghurt, sayuran hijau, gandum dan sereal, ikan salmon dan juga kacang-kacangan.
Sebagai tips tambahan untuk mencegah agar tumit kaki tidak mengalami pecah-pecah :
  1. Jaga kebersihan kaki, jangan sampai kaki menjadi sarang kuman
  2. Olahraga ringan secara teratur seperti halnya jogging di pagi hari
  3. Jangan terlalu lama merendam kaki di air, terutama ketiak aktivitas mencuci baju secara manual.
  4. Beri sedikit olesan minyak zaitun atau kalau tidak ada bisa menggunakan handbody untuk melembabkan kaki
  5. Rendam kaki setidaknya seminggu sekali didalam air hangat yang dicampur dengan garam.
Beberapa tips mudah tentang faktor penyebab tumit pecah-pecah dan cara mengatasinya merupakan sebuah solusi pertolongan awal. Apabila kondisi yang terjadi semakin memburuk, sebaiknya konsultasikan dengan dokter ahli.
Previous
Next Post »